Google Apps for Education untuk Universitas Brawijaya

0

Pada tanggal 3 November 2012, Universitas Brawijaya mengumumkan kerjasamanya dengan Google Inc. Dalam kerjasama ini, Google menyediakan fasilitas Google Apps for Education kepada sivitas akademika Universitas Brawijaya. Aplikasi tersebut antara lain Google Docs, Google Drive, Google Video, Google Site, Google Calendar, Google Talk, Google Group, dan Google Contact.

Dengan adanya kerjasama ini, sivitas akademika Universitas Brawijaya akan mendapatkan banyak kemudahan. Beberapa kemudahan yang dapat diperoleh dengan menggunakan Google Apps for Education antara lain memudahkan mahasiswa dalam kegiatan belajar seperti penyimpanan data tugas melalui fasilitas Google Drive. Dengan penyimpanan data berbasis cloud yang diterapkan pada Google Drive, data yang tersimpan di dalam server Google Drive dapat diakses dimana saja melalui internet dan mengurangi resiko hilangnya data pada komputer user. Selain itu, Google juga menyediakan fasilitas Google Calendar yang bisa dimanfaatkan untuk sinkronisasi jadwal kegiatan akademik maupun mengatur jadwal kegiatan yang sifatnya pribadi.

Pepita Gunawan, Indonesia Education Lead Google South East Asia menyatakan dengan adanya layanan Google Apps for Education, akan banyak sekali kemudahan yang dapat diperoleh, salah satunya mahasiswa dan dosen tidak harus bertatap muka ketika mereka ingin bertukar ide. Mereka bisa menuangkan dan membagi ide mereka melalui dokumen dalam Google Docs. Jadi dengan penggunaan fasilitas Google Apps yang optimal, manfaat dan kemudahan yang bisa diperoleh akan sangat mendukung kegiatan pembelajaran di lingkungan Universitas Brawijaya.

Related Posts